Impian Giring Ganesha Ingin Hidup Hingga 100 Tahun

 Impian Giring Ganesha Ingin Hidup Hingga 100 Tahun

Caleg DPR-RI dapil 1 nomor urut 1 dari Partai Solidaritas Indonesia (PSI), Giring Ganesha, berkeinginan hidup hingga usia 100 tahun. Giring menyebut, saat dirinya kerap bertemu warga di Bandung-Cimahi yang berusia hingga 70 tahun ke atas.

“Berarti kalau saya simpulkan bahwa orang Bandung-Cimahi punya umur bisa sampai umur 80-90 tahun,” ujarnya.

Dia pun berharap usia sang ibunda maupun istrinya bisa sampai 100 tahun.

“Ada beberapa daerah di dunia ini, masih ada yang umurnya sampai 100 tahun,” ungkapnya, di Studio Tribun Jabar, Senin (5/1).

Hal tersebut bukan hal yang tidak mungkin, Giring mengatakan elemen pertama yang diperhatikan menjaga asupan makanan.

“Orang-orang yang hidupnya kayak di Okinawa, Jepang, bisa sampai 100 tahun itu mereka banyak makan ubi-ubian. Tidak makan sampai kenyang atau makan secukupnya,” ujar Giring.

Kemudian, kata Giring, masyarakat Okinawa memiliki tujuan hidup atau ikigai.

“Saya pernah menjumpai rumah dengan tanaman yang indah dirawat oleh nenek-nenek berusia 80 tahun, ia masih memiliki tujuan hidup untuk berkebun,” ujarnya.

Menurut Giring, tantangan di Bandung salah satunya adalah infrastruktur yang kurang memadai.

“Selain punya tujuan hidup, kita harus banyak gerak. Di Bandung karena infrastruktur kita kurang baik, trotoar kurang besar, hanya ada di beberapa daerah saja,” kata Giring.

Menurutnya, masyarakat lebih memilih memakai kendaraan dalam jarak dekat karena akses jalan dirasa tidak aman.

“Saya berpikir bahwa kalau mau ibu, istri berumur 100 tahun dengan sehat ujung-ujungnya balik lagi ke politik,” kata Giring.

Pria berusia 40 tahun ini menyebut banyak warga yang ia temui usia dan penampilan jauh lebih muda. Hal tersebut dinilai Giring sebagai salah satu keistimewaan warga Bandung-Cimahi.

Guna menjaga kesehatan masyarakat, Giring memberi tantangan kepada walikota untuk datang melihat kesehatan warga.

“Jangan lagi kesehatan itu orang harus datang, tapi justru dokter-dokter muda keliling cek warga. Di sanalah negara hadir untuk warga,” tuturnya.

Giring menambahkan, guyub atau nongkrong salah satu kunci seseorang berusia hidup panjang.

“Sepuh-sepuh itu nongkrong dengan anak muda, mereka cerita tentang kehidupan masa lalu maupun nilai-nilai kehidupan,” imbuhnya.

“Motto di hidup saya adalah bagaimana merayakan yang Muda dan merawatnya yang tua. Sehingga usia 100 tahun itu bisa tercapai,” tandasnya.

Facebook Comments
Komentar Facebook