Edit

Kontak Kami

Merayakan Hari Bumi dengan Spirit Perbaikan

 Merayakan Hari Bumi dengan Spirit Perbaikan

Dilansir laman resmi Earth Day, Hari Bumi dicanangkan oleh pengajar lingkungan di Amerika Serikat, Gaylord Nelson, pada 1970. Disebutkan, pada tahun 1960-an sampai 1970-an, Amerika Serikat mengalami gejolak ekonomi dan politik. Masyarakat AS menghirup gas bertimbal dalam jumlah besar karena pabrik-pabrik menghasilkan asap dan lumpur yang tak terkontrol. Polusi udara di mana-mana. Namun saat itu, masih banyak orang yang belum sadar akan masalah lingkungan dan dampaknya pada kesehatan manusia. Kondisi yang cukup relevan pada hari ini.

Hari Bumi dapat kita rayakan dengan beragam aksi peduli lingkungan, berupa aksi tanam pohon, aksi membersihkan lingkungan, aksi membersihkan sampah plastik, aksi kampanye hemat listrik, hingga aksi menolong hewan (memberi makan, pertolongan, adopsi).

Saya pribadi, telah lama merayakan Hari Bumi dengan menanam pohon mulai dari lingkungan rumah sendiri. Mulai dari menanam pohon trembesi hingga cabai. Ada kebahagiaan tersendiri setiap melakukan aktivitas berkebun dan bercocok tanam. Hal inilah, yang saya himbau pula kepada seluruh Bro dan Sis PSI di seluruh penjuru Indonesia untuk membiasakannya, demi persiapan menghadapi perubahan iklim.

Komitmen dan Konsistensi Merawat Bumi
Sikap dan komitmen kita untuk turut memulihkan Bumi semestinya bukan hanya karena kita peduli dengan alam, tetapi karena kita hidup di atasnya. Kita semua membutuhkan Bumi yang sehat untuk mendukung pekerjaan, mata pencaharian, kesehatan, kelangsungan hidup, dan kebahagiaan kita. Planet yang sehat bukanlah pilihan, melainkan kebutuhan.

Lebih dari 1 miliar orang di 192 negara sekarang berpartisipasi dalam kegiatan Hari Bumi setiap tahun. Hari Bumi dijadikan peringatan sipil terbesar di dunia. Indonesia, sebagai salah satu penyumbang hutan hujan terbesar, semestinya paling besar pula untuk ikut andil dalam perayaan Hari Bumi.

Selain meneguhkan diri sebagai Partai Anti Korupsi dan Partai Anti Intoleransi, kami PSI juga berkomitmen untuk turut terlibat merawat bumi dan bergerak bersama menghadapi perubahan iklim. Selain berbagi dalam bentuk kepedulian sosial, kami juga merayakan tahunan hari jadi PSI dengan serentak bersama menanam pohon. Mulai dari di daerah kota besar, hingga pelosok tanah air.

Komitmen dan konsistensi untuk memulihkan, merawat dan menjaga bumi mestilah kita lakukan bersama-sama, baik secara individu dalam keseharian maupun kolektif dalam momen tertentu. Masing-masing perbaikan sah-sah saja, dan sepatutnya saling mendukung.

Salam Lestari,
Salam Solidaritas!

Facebook Comments
Komentar Facebook