Di HUT PSI, Jokowi: Indonesia Butuh Lebih Banyak Anak Muda Berani dan Gesit

 Di HUT PSI, Jokowi: Indonesia Butuh Lebih Banyak Anak Muda Berani dan Gesit

Presiden Joko Widodo menyebut, Indonesa butuh lebih banyak anak muda yang berani, gesit, dan penuh semangat untuk bersaing pada era global.

Hal ini Jokowi sampaikan saat memberikan sambutan secara virtual di Hari Ulang Tahun Partai Solidaritas Indonesia (PSI) yang ke-6, Minggu (29/11/2020). “Indonesia membutuhkan lebih banyak lagi anak anak muda yang berani, yang gesit, dan penuh semangat untuk menuju Indonesia maju. Itulah modal untuk memenangkan pertarungan global,” kata Jokowi dalam tayangan YouTube Partai Solidaritas Indonesia, Minggu.

Jokowi menyebut, anak muda seharusnya membawa energi perubahan, berpikir positif, berani melakukan lompatan, bergerak lebih lincah, serta optimistis melihat masa depan. Ia mengatakan, yang cepat akan mengalahkan yang lambat, yang kreatif dan inovatif akan mengalahkan yang monoton dan berkutat pada rutinitas. Oleh karena PSI banyak digawangi anak-anak muda, Jokowi menilai partai pimpinan Grace Natalie itu memiliki kesempatan besar untuk maju meski masih berusia muda. “Saya melihat modal kecepatan, modal kreativitas, dan modal inovasi ini ada di PSI,” ujar dia.

Namun demikian, Jokowi mengingatkan bahwa saat ini Indonesia tengah memasuki puncak bonus demografi sehingga anak muda menjadi segmen terbesar dari populasi penduduk Indonesia. Proporsi anak muda yang besar ini akan bisa menjadi tonik yang menguatkan bangsa, tetapi juga bisa menjadi toxic atau racun bila tidak disiapkan dari sekarang.

Menurut Jokowi, setiap tahun, ada 2,9 juta penduduk usia kerja baru. Banyak anak muda yang masuk ke pasar kerja namun harus dihadapkan pada situasi pandemi yang melahirkan sekitar 6,9 juta pengangguran. Selain itu, tercatat, 87 persen dari total penduduk usia kerja memiliki tingkat pendidikan setingkat SMA ke bawah. Sementara itu, 39 persen di antaranya berpendidikan sekolah dasar. “Ini artinya untuk menghadapi puncak bonus demografi tidak ada pilihan lain bagi kita selain kita harus bekerja keras untuk menyiapkan SDM-SDM kita yang unggul. Kita juga harus bekerja keras menciptakan lapangan kerja sebanyak-banyaknya. Itulah yang menjadi prioritas utama pemerintah saat ini,” kata Jokowi.

Ia pun mengajak kader-kader PSI menjadi bagian dari upaya memajukan bangsa melalui optimisme anak muda. “Saya mengajak seluruh kader PSI di seluruh pelosok Tanah Air untuk menjadi simpul simpul kreativitas dan penggerak optimisme anak anak muda, untuk turun tangan membantu menyelesaikan persoalan-persoalan bangsa melalui keberanian untuk melakukan lompatan dengan kreativitas dan inovasinya,” kata dia.

Sumber: Kompas.com

Facebook Comments
Komentar Facebook