Edit

Kontak Kami

Dikunjungi Plt Ketum PSI, Pelaku UMKM Kain Tenun Endek di Bali Ini Minta Giring Jadi “Brand Ambassador”

 Dikunjungi Plt Ketum PSI, Pelaku UMKM Kain Tenun Endek di Bali Ini Minta Giring Jadi “Brand Ambassador”

Salah satu pelaku UMKM kain tenun endek di Denpasar, Bali, Putu Yustrisna Sari Dewi tidak pernah membayangkan kedatangan kunjungan Plt Ketua Umum Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Giring Ganesha dan rombongan Kamis pagi (12/8/2021).
Owner Kwaca Bali yang memiliki produk jasa tailor dan tenun endek (pakaian jadi berbahan endek) ini tampak sumringah dan sangat antusias menerima kedatangan Giring dan rombongan.

“Saya senang sekali dan lebih bersemangat lagi berkarya ke depannya. Terutama untuk generasi muda, saya lihat Pak Giring ini generasi muda yang cukup aktif,” kata Sari Dewi kepada wartawan di sela-sela menerima kunjungan Giring dan rombongan.

Dengan antusias dan penuh senyum, Sari Dewi mengajak dan menemani Giring meninjau proses pembuatan kain tenun endek di Kwaca Bali. Ia juga bercerita tentang Kwaca Bali dan kondisi para UMKM kain tenun endek di masa pandemi Covid-19 saat ini.
Bahkan secara khusus Sari Dewi berharap kedatangan Giring bisa menjadi semacam “brand ambassador” untuk membantu pemasaran produk pakaian dari kain tenun endek Kwaca Bali dan produk UMKM kain tenun endek lainnya di Bali.

“Kedatangan Pak Giring ini paling tidak bisa membantu kami di tengah pandemi seperti ini. Artinya bisa membantu memasarkan produk kita. Dengan kedatangan Pak Giring harapannya pemasaran kami bisa naik dan bertambah,” harapnya.

Di tengah pandemi Kwaca Bali masih bisa bertahan. Dengan situasi seperti ini kita mengharapkan ada customer dan harus tetap bersemangat,” ujar Sari Dewi.

Pihaknya berupaya tidak melakukan PHK dan tidak merumahkan karyawannya. Saat ini Kwaca Bali mempunyai 25 orang karyawan. Jadi untuk menghidupi mereka kami harus tetap bertahan,” pungkas Sari Dewi.

Sementara itu kunjungan Giring ke salah satu UMKM kain tenun endek di Kota Denpasar ini bagian dari roadshow Giring di Bali selama beberapa hari ke depan untuk bertemu dengan sejumlah elemen masyarakat Bali seperti para petani, pelaku UMKM, pelaku ekonomi kreatif, seniman, tokoh masyarakat dan lainnya. Roadshow ini juga bagian konsolidasi internal PSI memanaskan mesin partai di Bali.

Di Kwaca Bali Giring dan rombongan disambut hangat. Bahkan yang cukup mengejutkan pihak Kwaca Bali telah menyiapkan setelah pakaian endek untuk dipakai oleh Giring. Eks vokalis grup band Nidji ini pun mengaku terkesan dan merasa surprise.
“Ini luar biasa. Saya disiapkan fitting endek dan sangat pas serta keren. Padahal saya belum pernah ketemu Ibu Sari Dewi. Ini berarti jam terbang Ibu Sari Dewi dan teman-teman di Kwaca Bali sangat tinggi,” tutur Giring lantas mendorong agar UMKM kain endek Bali bisa semakin berkembang hingga bisa tembus pasar ekspor.

Secara khusus Giring juga mengapresiasi niat baik dan ide brilian Gubernur Bali Wayan Koster semakin menggaungkan penggunaan kain tenun endek yang tertuang dalam Surat Edaran (SE) Nomor 04 tahun 2021 tentang Penggunaan Kain Tenun Endek Bali/Kain Tenun Tradisional Bali. SE ini mulai berlaku pada hari Selasa tanggal 23 Februari 2021.

SE ini menandai era baru eksistensi endek dan menandai bangkitkan ekonomi kerakyatan yang digerakkan para pengrajin atau UMKM endek di seluruh Bali. SE yang populer juga disebut “SE Selasa Endek” ini yang mulai berlaku pada hari Selasa tanggal 23 Februari 2021 semakin menunjukkan keberpihakan nyata Gubernur dalam pelestarian endek dan mengangkat perekonomian para pengrajin endek di Pulau Dewata.

Sumber: MetroBali.com

Komentar Facebook