Tanggapi Pidato Jokowi, PSI: Pemenang Adalah Mereka yang Adaptif

 Tanggapi Pidato Jokowi, PSI: Pemenang Adalah Mereka yang Adaptif

Partai Solidaritas Indonesia (PSI) sepakat dengan pandangan Presiden Joko Widodo (Jokowi) bahwa keberanian untuk berubah merupakan syarat untuk menuju Indonesia yang maju.

Presiden juga meminta kita semua memanfaatkan pandemi ini untuk berani berubah.

“Pandemi Covid-19 telah mengubah wajah dunia secara drastis, menjadi sangat berbeda. Kita tak bisa menjalani dunia dengan sikap mental dan kebiasaan masa lalu, yang kaku, yang tidak adaptif. Pemenang masa depan adalah mereka yang adaptif,” kata Plt Ketua Umum DPP PSI, Giring Ganesha, dalam keterangan tertulis, Senin (16/8/2021).

Giring menyatakan, karena itu  kreativitas  dan inovasi harus diberi tempat, jangan dihambat. Kalau perlu, disediakan insentif agar semua pihak berlomba-lomba.

“Terutama pemuda, sebagai aset utama dalam bonus demografi, harus diberi ruang untuk tampil, produktif dan memicu berbagai perubahan,” lanjutnya.

Semua pihak harus sudah bersiap untuk melakukan perubahan. Harus semua pihak agak geraknya bisa sinergis. Termasuk, lingkungan birokrasi.

“Stigma birokrasi yang lamban dan sulit berubah harus dihapus dengan kerja keras dan cerdas. Kalau birokasi masih seperti dulu, Indonesia akan sulit dengan cepat mencapai kemajuan,” lanjut Calon Presiden RI 2024 ini. “Meski banyak ruang untuk perbaikan dan pantang berpuas diri, PSI mengapresiasi berbagai kemajuan yang dicapai pemerintah dan lembaga negara lainnya. Kami merasa Indonesia sudah pada arah yang benar,” tutup Giring.

Dalam pidato kenegaraan di Sidang MPR dalam rangka HUT ke-71 RI, Presiden Jokowi mengatakan,  di tengah dunia yang penuh disrupsi sekarang ini, karakter berani untuk berubah, berani untuk mengubah, dan berani untuk mengkreasi hal-hal baru, merupakan fondasi untuk membangun Indonesia Maju.

Jokowi melanjutkan, “Kita telah berusaha bermigrasi ke cara-cara baru di era Revolusi Industri 4.0 ini, agar bisa bekerja lebih efektif, lebih efisien, dan lebih produktif. Adanya Pandemi Covid-19 sekarang ini, akselerasi inovasi semakin menyatu dalam keseharian kehidupan kita.

Sumber: TribunNews

Facebook Comments
Komentar Facebook