Edit

Kontak Kami

Survei: Elektabilitas Sejumlah Parpol Stagnan, PSI Terus Naik

 Survei: Elektabilitas Sejumlah Parpol Stagnan, PSI Terus Naik

Temuan survei Indonesia Elections and Strategic (indEX) Research menunjukkan elektabilitas Golkar dan Demokrat mengalami penurunan dalam tiga bulan belakangan. Golkar turun dari 8,7 persen menjadi 7,0 persen, sedangkan Demokrat anjlok dari 10,6 persen menjadi 4,9 persen.

Demokrat yang sepanjang tahun 2021 menikmati lonjakan elektabilitas tampaknya kehilangan momentum, seiring redanya konflik di tubuh partai berlogo mercy tersebut. Sementara itu Golkar meskipun turun tetapi kembali ke posisi ketiga, setelah PDIP dan Gerindra.

Terancam Tak Lolos ke Senayan

Beberapa parpol terancam tidak bisa kembali ke Senayan, yaitu PPP (2,5 persen) dan PAN (1,1 persen). Dua parpol baru masih harus berjuang keras supaya bisa lolos ke Senayan, yaitu Partai Ummat (1,3 persen) dan Gelora (1,0 persen).

Sisanya berada di papan bawah, yaitu Perindo (0,8 persen), Hanura (0,6 persen), PBB (0,3 persen), PKPI (0,2 persen), dan Berkarya (0,1 persen). Garuda dan Masyumi Reborn nihil dukungan, pilihan lainnya 0,9 persen, dan sisanya tidak tahu/tidak jawab 28,1 persen.

Survei Index Research dilakukan pada 26 Desember 2021-5 Januari 2022 terhadap 1200 orang mewakili semua provinsi, dipilih secara acak bertingkat, diwawancara secara tatap muka dengan penerapan protokol kesehatan. Margin of error ±2,9 persen, tingkat kepercayaan 95 persen.

Facebook Comments
Komentar Facebook