PSI Usul Agar Bali Dijadikan Tempat Karantina Penerbangan Internasional Kepada Presiden Jokowi

 PSI Usul Agar Bali Dijadikan Tempat Karantina Penerbangan Internasional Kepada Presiden Jokowi

Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengundang para petinggi partai koalisi di luar parlemen, Rabu (1/9/2021).

Hadir Ketua Umum dan Sekjen PSI, PKPI, Perindo, Partai Hanura, dan Partai Bulan Bintang.

Dalam pembicaraan tersebut, Presiden Jokowi menyampaikan sejumlah capaian pemerintah terkait penanganan Covid-19.

Di antaranya Indonesia tidak masuk 10 besar negara dengan kasus Covid-19 tertinggi padahal secara jumlah penduduk terbesar ke 4 di dunia, tergolong 7 besar di dunia dalam program vaksinasi, dan pengendalian inflasi di kisaran 1,5 persen.

PSI pun mengapresiasi dan mendukung langkah-langkah pemerintah dalam mengatasi pandemi Covid-19.

Plt Ketua Umum DPP PSI Giring Ganesha mengatakan pemerintah telah mengambil langkah yang benar dalam menyeimbangkan aspek kesehatan dengan ekonomi.

Untuk itu, pihaknya mendukung kebijakan gas dan rem pemerintah agar kesehatan tercapai dan pertumbuhan ekonomi meningkat.

“Tidak mudah pasti. Tapi kita tidak perlu berkecil hati karena hal sulit ini dialami seluruh negara di dunia ini,” kata Giring Ganesha dalam keterangan resmi PSI yang diterima, Kamis (2/9/2021).

Dalam kesempatan tersebut, PSI menyampaikan aspirasi dari para pengusaha, terutama pengusaha kecil, yang berharap kebijakan PPKM yang diambil pemerintah bisa membantu mendorong agar dunia usaha bisa pulih dan bangkit kembali.

Giring mengatakan dirinya sudah beberapa waktu di Bali sebelum diundang Presiden Jokowi.

Selama dirinya di Bali terlihat sekali dampak dari PPKM terhadap ekonomi.

Legian, Popies, Kuta Seminyak, dan tempat-tempat lain yang semula menggerakkan ekonomi pariwisata sekarang tutup total.

“Dalam kesempatan ini saya membawa aspirasi dari warga Bali agar karantina dari penerbangan internasional dilakukan di Bali, bukan di Jakarta. Agar occupancy dari puluhan ribu kamar hotel di sana dapat mulai terisi turis-turis yang dikarantina,” ujar Giring.

Mendengar usulan ini, Presiden Jokowi mengatakan akan membahasnya di sidang kabinet.

Dalam masa pandemi ini, Giring memaparkan, PSI telah bergerak di seluruh Indonesia untuk membangkitkan semangat solidaritas, gotong royong, lewat program Rice Box.

“Hingga kini sudah terkumpul dana hampir Rp 3,5 miliar. Hasil crowdfunding ini sangat membuat kami optimis akan masa depan bangsa ini. Masih kuat rasa solidaritas dan keinginan berbagi sesama saudara sebangsa. Banyak bahkan yang hanya menyumbang Rp 10 ribu. Saya kira sangat baik bila Pak Presiden secara regular dalam pidato-pidatonya terus mengobarkan semangat solidaritas ini,” jelas Giring.

Lewat program Rice Box, Giring menyebut PSI membagikan makanan siap saji kepada warga yang menjalani isolasi mandiri dan sedang kesulitan ekonomi.

“Target PSI adalah bisa membagikan satu juta Rice Box. Saat ini yang sudah dibagikan sekitar 200 ribu porsi di hampir 100 kabupaten/kota,” katanya.

Selain itu, pengurus dan anggota DPRD PSI aktif membantu penyelenggaraan vaksinasi.

Di Jakarta, Tangerang Selatan, Surabaya, Palu, dan beberapa kota lain, PSI membantu mempercepat program vaksinasi pemerintah.

“Hingga kini kami sudah membantu hampir 100 ribu warga mendapat vaksinasi. Kami bertekad akan terus membantu program vaksinasi untuk mempercepat herd immunity,” kata Giring.

Sumber: Tribunnews.com

Facebook Comments
Komentar Facebook