Edit

Kontak Kami

PSI Gelar Aksi Tanam Pohon

 PSI Gelar Aksi Tanam Pohon

Kader Partai Solidaritas Indonesia (PSI) melakukan aksi menanam pohon pada Hari Menanam Pohon Sedunia 28 November 2021. Kegiatan ini juga merupakan rangkaian dari peringatan HUT ke-7 PSI. Dalam kegiatan yang disiarkan melalui media sosial tersebut, Ketua Umum PSI Giring Ganesha ikut melakukan penanaman pohon trembesi di lahan dekat rumahnya, Kawasan Jakarta Selatan.

“Sudah dua kali PSI meminta para kader melakukan penanaman pohon, 90 persen yang ditanam tahun lalu sudah tumbuh dengan baik,” kata Giring yang didampingi Direktur Eksekutif Aji Bromokusumo Centre for Develepoment and Environmnet Revana Cellosh Natalie.

Giring menegaskan sejak awal para kader PSI sudah ditanamkan kesadaran bahwa menanam harus juga disertai dengan kemauan untuk merawat. Pada kesempatan itu, Giring juga menceritakan kegiatannya dalam membuat pupuk kompos dari sisa-sisa makanan.

“Saya belajar soal zero waste dari Bro Robi Navicula, musisi dan aktivis lingkungan hidup di Bali. Kita beli compost bag. Masukkan sampah organik ke sana. Ini akan sangat mengurangi volume sampah yang keluar dari rumah kita,” kata Giring dalam acara yang dipandu Direktur Lingkungan Hidup DPP PSI Mikhail Gorbachev Dom atau Gorba.

Giring menyatakan hal ini juga bagian dari upaya PSI untuk mendukung program Presiden Joko Widodo (Jokowi) terkait menanam pohon dalam upaya mengantisipasi perubahan iklim.

Dalam tayangan streaming itu juga dihadirkan kegiatan kader-kader PSI dalam menanam pohon di Bandung, Bali, Batu, DI Yogyakarta, Jakarta, Kalimantan Selatan, Tangerang Selatan (Tangsel), dan Semarang.

Di Semarang, dilakukan penanaman mangrove di kawasan rawa. Kegiatan ini melibatkan sejumlah mahasiswa Universitas Diponegoro (Undip). Sementara di Tangsel, penanaman dilakukan di sejumlah titik, di antaranya di sebuah lahan tidak produktif di dekat Situ Gintung. Di Jakarta, penanaman merupakan aspirasi warga Jakarta untuk memiliki ruang terbuka hijau.

Gorba menekankan kepada semua kader PSI agar kegiatan ini tidak berakhir dengan hanya menanam bibit, tetapi juga merawat pohon. “Pohon adalah mahluk hidup, bukan benda mati, maka kita harus merawat pohon-pohon yang telah kita tanam,” kata Gorba.

Facebook Comments
Komentar Facebook