Edit

Kontak Kami

Giring Ganesha Disambut Cublak-Cublak Suweng Saat Kunjungi Kampung Lali Gadget di Sidoarjo

 Giring Ganesha Disambut Cublak-Cublak Suweng Saat Kunjungi Kampung Lali Gadget di Sidoarjo

Dalam rangkaian road show untuk mendukung para calon bupati dan calon wakil bupati, Giring Ganesha berkunjung ke Kampung Lali Gadget (KLG) yang berada di Dusun Ngumuk, Desa Pagerngumbuk, Kecamatan Wonoayu, Sidoarjo, ditemani Calon Bupati Sidoarjo, Ahmad Muhdlor Ali atau Gus Muhdlor pada Rabu (18/11).

Di Kampung Lali Gadget, Giring disambut dengan tariak Cublak-Cublak Suweng yang diperagakan anak-anak. Rombongan pun disematkan udeng ‘Pacul Gowang’ khas Sidoarjo di kepala sebagai tamu kehormatan. Setelah itu, Giring mencoba berbagai permainan tradisional dengan ditemani puluhan anak kecil. Dengan riang, ia menikmati setiap permainan yang ada.

Giring menerangkan bahwa kecanduan gadget pada anak-anak menjadi masalah serius di era digital. “Kampung Lali Gadget bisa menghilangkan kecanduan anak pada gadget atau ponsel.”

Sementara itu Gus Muhdlor, Cabup Sidoarjo nomor urut 2 yang diusung Partai Kebangkitan Bangsa ini berharap langkah kecil pemuda seperti di Kampung Lali Gadget ini harus dijaga. Kampung ini hadir sejak April 2018 dan erbentuk dengan bantun sejumlah komunitas dan karang taruna setempat. “Tak hanya untuk anak-anak, namun gerakan anak muda desa ini juga mengadakan parenting, yang ditujukan kepada orang tua, bagaimana memahami anak. Ini sesuatu yang luar biasa.”

Gus Muhdlor menambahkan metode yang digunakan adalah mengalihkan waktu mereka bersama gawai dengan aktivitas budaya, keagamaan, kearifan lokal, dan permainan tradisional. Ia berharap pemerintah dapat terus hadir dan menjadi penyemangat ide kreatif pemuda millennial di Sidoarjo.

Salah satu orang tua anak, Khusniah, juga sangat bersyukur masih ada sekelompok anak muda yang memiliki ide seperti Kampung Lali Gadget karena bisa mengurangi anaknya bermain gadget sedini mungkin.

 

Sumber: sidoarjonews.id

Komentar Facebook