Beri Selamat HUT ke-6 PSI, Jokowi Ajak Siapkan SDM Kreatif-Inovatif

 Beri Selamat HUT ke-6 PSI, Jokowi Ajak Siapkan SDM Kreatif-Inovatif

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyampaikan ucapan selamat hari ulang tahun (HUT) ke-6 bagi Partai Solidaritas Indonesia (PSI). Presiden Jokowi mengajak PSI ikut menyiapkan sumber daya manusia (SDM) yang kreatif dan inovatif.
“Pertama-tama saya menyampaikan selamat ulang tahun yang keenam kepada seluruh pengurus dan kader PSI di mana pun berada. Usia enam tahun adalah usia yang masih sangat muda bagi sebuah parpol. Tapi saya melihat PSI, yang banyak digawangi anak anak muda, memiliki kesempatan besar untuk maju,” kata Jokowi dalam video yang diunggah kanal YouTube PSI, Minggu (29/11/2020).

 

Jokowi mengingatkan, meskipun PSI masih berusia muda namun tetap membawa energi perubahan, pikiran positif, harus berani melakukan lompatan, bergerak lebih lebih lincah, gesit dan selalu optimis melihat masa depan. Jokowi menyebut Indonesia membutuhkan lebih banyak lagi anak anak muda yang berani, yang gesit, dan penuh semangat untuk menuju Indonesia maju.

“Itulah modal untuk memenangkan pertarungan global. Yang cepat akan mengalahkan yang lambat, yang kreatif dan inovatif akan mengalahkan yang rutinitas, dan monoton. Saya melihat modal kecepatan, modal kreativitas dan modal inovasi ini ada di PSI,” sebut Jokowi.

Lebih lanjut, Jokowi memaparkan bahwa Indonesia sedang memasuki era puncak bonus demografi. Anak-anak muda akan menjadi segmen terbesar dari populasi penduduk Indonesia.

Menurut eks Gubernur DKI Jakarta itu, proporsi anak muda yang besar ini akan bisa menjadi tonic yang menguatkan bangsa kita. Tetapi juga, sebut dia bisa menjadi toxic, menjadi racun bila kita tidak siap dari sekarang.

“Saat ini, setiap tahun, ada sekitar 2,9 juta penduduk usia kerja baru. Anak-anak muda yang masuk ke pasar kerja, apalagi di tengah pandemi, terdapat kurang lebih 6,9 juta pengangguran dan 3,5 juta pekerja terdampak pandemi COVID. Kita juga menghadapi kenyataan sebanyak 87 persen dari total penduduk pekerja memiliki tingkat pendidikan setingkat SMA ke bawah, dan 39 persen di antaranya berpendidikan sekolah dasar,” papar Jokowi.

Jokowi menuturkan, dengan bonus demografi seperti saat ini tidak ada pilihan lain selain kita bekerja keras untuk menyiapkan SDM-SDM yang unggul. Mantan Wali Kota Solo itu mengatakan pemerintah juga harus bekerja keras menciptakan lapangan kerja sebanyak-banyaknya.

“Oleh karena itu, saya mengajak seluruh kader PSI di seluruh pelosok Tanah Air untuk menjadi simpul-simpul kreativitas dan penggerak optimisme anak-anak muda untuk turun tangan membantu menyelesaikan persoalan-persoalan bangsa melalui keberanian untuk melakukan lompatan dengan kreativitas dan inovasi. Selamat merayakan ultah keenam PSI, dan teruslah hadir menginspirasi kebaruan untuk melakukan lompatan kemajuan,” tutup Jokowi.

Sumber: Detik.com

Facebook Comments
Komentar Facebook